Mazda MX-5 Miata 2016

 

Ada sebuah laporan baru yang berspekulasi bahwa Mazda memiliki sesuatu yang istimewa di tempat penyimpanannya untuk New York Auto Show 2016. Berdasarkan undangan untuk para jurnalis yang mengatakan bahwa pabrikan mobil ini akan memiliki sebuah pertunjukan yang pertama di dunia yang akan membuka tabir dari sesuatu yang baru, kemungkinan tampil perdananya bisa menjadi sebuah Mazda MX-5 Miata dengan hardtop yang dapat ditarik masuk.

 

mazda-mx5-miata_retractable-hardtop2

 

Sejak diluncurkannya pada awal tahun 2015, Miata generasi keempat ini telah diproduksi hanya selama satu tahun. Sebuah roadster yang akan menonjolkan versi hardtop yang mampu ditarik masuk yang lebih ringan, mekanisme atap lipat yang lebih kompak; Namun, yang akan datang ini memiliki peningkatan bobot pada kendaraan tersebut. Miata 2016 memiliki berat 2.332 pon dengan transmisi manual dan 2.381 pon dengan transmisi otomatis yang opsional.

 

Seperti bagian atas yang lunak (soft top), dari Miata versi spek AS dengan atasan yang mampu untuk ditarik masuk, kemungkinan hanya tersedia dengan mesin 4 silinder segaris 2,0 liter Skyactiv-G 155-hp, yang juga ada pada Mazda3 dan CX-3. Miata generasi sebelumnya adalah yang pertama menawarkan bagian atas keras (hardtop) yang dapat ditarik masuk sementara dua yang pertama tersedia dengan atap yang dapat dipindahkan. Seperti dengan Miata generasi ketiga ini, dengan memilih hardtop yang mampu ditarik masuk yang lebih kompleks akan mungkin membuat label harga yang tinggi dibandingkan dengan soft top standar yang dioperasikan secara manual.

 

Mazda tetap tenang terhadap masalah itu, tapi para jurnalis akan mempelajari lebih dalam selama beberapa minggu tatkala New York Auto Show dimulai. [tm]