PPMKI Touring IIMS 2016

SolusiMobil.com - Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) berencana unutuk melakukan touring dari Jakarta sampai Sabang, Aceh, mulai 4-15 Mei 2016. Berbagai persiapan dilakukan agar 30 mobil peserta yang ikut dapat menempuh perjalanan tanpa kendala berat.


Seperti diberitakan Dapurpacu, Ronny Arifudin, ketua umum PPMKI mengatakan, persiapan paling krusial dilakukan oleh peserta masing-masing. Sebab tanggung jawab kesehatan kendaraan dipikul oleh tiap peserta. Sedangkan pihak PPMKI, hanya melakukan pengecekan sebelum mobil dipakai.

“Sebelum mulai touring biasanya kita nanti ada pengumuman untuk melakukan scrutenering. Di situ kita akan cek mulai mesin dan lain-lain. Contohnya mesin tidak boleh ada oli yang menetes, kelistrikan juga harus baik. Lampu nyala semua, dan kondisi ban,” katanya.

Persiapan lain kata Ronny, biasanya para peserta akan melakukan touring pendek satu atau dua minggu sebelum menempuh perjalanan panjang. Tujuannya untuk memanaskan mobil agar tidak ‘kram’ saat dipakai jauh.

“Maklumlah mobil tua kan pasti beda dengan mobil tahun muda, pasti ada saja kendala. Untuk mengantisipasi, selama touring kami membawa mobil derek. Kami siapkan teknisi, kalau tidak bisa diberesin saat itu, mobil kami gendong ke pos terdekat,” katanya.

Touring bertajuk “Jejak Roda Petualang” ini akan dimulai dari Jakarta dan berhenti di Bandar Lampung. Kemudian berlanjut Lampung-Palembang, Jambi-Muara Bungo, Bukit Tinggi-Sibolga, Prapat-Tapak Tuak, Banda Aceh dan berakhir di Sabang.[Gls/Wa]