Yamaha MT-09 Tracer

SolusiMobil.com - Guna memeriahkan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, yang berlangsung mulai hari ini hingga 17 April 2016, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan menghadirkan motor baru.Peluncurkan akan dilakukan pada Jumat 8 April 2016 sore hari di JIExpo Kemayoran Jakarta.


Namun, YIMM seperti biasa tidak memberi petunjuk apapun soal jenis motor yang bakal dihadirkan. Untuk itu, harus menggali data-data lama mengenai motor Yamaha yang didaftarkan ke Kementerian Perindustrian RI.

Dari penelusuran di laman resmi kementerian tersebut, memang ada beberapa motor Yamaha yang didaftarkan. Hingga kini, diketahui tiga model sudah mendapat izin untuk diproduksi dan diimpor ke Tanah Air.

Dua di antara tiga model itu sudah meluncur beberapa waktu lalu, yakni R-15 Ohlins Edition dan Mio Z. Artinya, tinggal satu yang belum dilepas ke publik, yakni motor gede (moge) dengan kode RN29 Tracer.

RN29 adalah kode untuk MT-09, moge Yamaha beraliran naked bike. Namun untuk versi Tracer, Yamaha mengubah spesifikasi motor tersebut agar cocok untuk penggunaan di jalur aspal maupun off-road.

MT-09 Tracer memiliki berbagai fitur baru yang sangat ramah bagi pembesutnya, seperti standar tengah, soket 12 volt, tas samping, traksi kontrol yang dapat diatur, setang dan windshield yang dapat disesuaikan tingginya, serta kapasitas tangki empat liter lebih banyak dari MT-09.

Motor penjelajah yang memiliki bobot 210kg ini dibekali mesin tiga silinder berkapasitas 847cc, yang sanggup menyemburkan tenaga sebesar 115 daya kuda. Warna yang tersedia yakni merah, biru dan abu-abu.

Meski belum diketahui banderolnya, namun motor ini hanya akan didatangkan sebanyak 44 unit saja ke Indonesia.[Vv/Wa]