Mobil listrik di IIMS 2016

SolusiMobil.com - Booth Electric Car Show besutan mahasiswa di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 menjadi salah satu daya tarik para pengunjung pameran ini. Hasil karya ini mencerminkan masa depan industri otomotif dalam negeri.


Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin, yang sempat bertandang ke Booth Electric Car Show IIMS 2016 mengaku tertarik dengan mobil karya mahasiswa tersebut, dan menyatakan apresiasi tinggi kepada mahasiswa yang sudah mengharumkan nama Indonesia di berbagai kejuaraan.

“Ya harus kita dukung ini, mereka (mahasiswa) mobilnya bagus-bagus. Harus terus dikembangkan,” kata Saleh singkat sembari mendengarkan paparan para mahasiswa mengenai teknologi di mobil mereka.

Booth Electric Car Show IIMS 2016 terletak di hall C2, JiExpo Kemayoran, Jakarta, atau tepatnya di samping Booth Yamaha atau di depan Booth Honda motor. Di sini, pengunjung dapat melihat 6 unit mobil listrik karya murni para mahasiswa Indonesia yang semuanya tampil menawan dan futuristik.

Seperti mobil karya anak kampus UNISI yang secara dimensi lebih besar dari peserta lain. Mobil ini mengusung kombinasi teknologi elektrik dengan perangkat android. Singkatnya, sistem operasional mobil bisa diatur dan dikontrol melalui perangkat handphone berbasis android.

Selain mobil karya mahasiswa UNISI, tampil pula mobil ‘Arjuna’ buatan mahasiswa Universitas Gajah Mada Yogyakarta yang telah meraih 7 trofi di 7 ajang kompetisi berbeda. Ada juga ‘Kujang 193’ made in Universitas Pasundan Bandung. Mobil generasi ketiga sejak 2012 ini telah menyabet 10 penghargaan.

Menyusul kemudian ‘Tarusbawa’ besutan mahasiwa ITENAS Bandung yang tampil unik dengan menggunakan roda sepeda. Kemudian ada P-Elcar dari Politeknik Negeri Bandung (Polban), ‘Blue Warrior’ dari Politeknik Negeri Jakarta, dan Kaliurang Unisi Generasi 2 milik Universitas Islam Indonesia (Unisi) Yogyakarta.[Dp/Wa]