Touring Jakarta-Sabang oleh PPMKI 2016

SolusiMobil.com - Rangkaian acara jelajah Jakarta–Sabang bertajuk “Jejak Roda Petualang” oleh PPMKI pada hari ke 3 telah memasuki kota Jambi. Hampir setengah lintasan Sumatra telah dilalui dengan jarak tempuh dari Jakarta hingga Jambi 910 Km dari total perjalanan 3.715 Km, hingga titik Nol Kilometer Indonesia.


Seperti diberitakan Dapurpacu, Bandar Lampung menjadi pintu gerbang tujuaan pertama saat rombongan memasuki pulau Sumatra tepat pada Rabu malam waktu setempat (4/5). Kemudian dilanjutkan esok harinya (5/5), menuju kota Palembang. Saat memasuki kota pagi harinya, peserta sempat melakukan konvoi keliling menikmati bangunan peninggalan sejarah di kota yang terkenal dengan makanan empek-empeknya, di antaranya benteng Kuto Besak, Jembatan Ampera yang membelah Sungai Musi, serta mengunjungi stadion kebanggaan warga Palembang, Jakabaring.

Di kota Jambi peserta touring mengunjungi Kompleks Candi Muaro Jambi, situs candi peninggalan agama Hindu-Buddha terluas di Indonesia, yang merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Melayu. Situs Candi Muaro terletak di tepi Batang Hari, Muaro Sebo, Kabupaten Jambi. Candi ini diperkirakan berasal dari abad ke-11 Masehi dan telah masuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

Menurut Ketua PPMKI Pusat, Ronny Arifudin, “Kunjunggan ke situs Candi Muaro, merupakan salah satu kepeduliaan para anggota PPMKI akan situs peninggalan kerajaan yang pernah ada di Indonesia sekaligus melestarikan dan mempromosikan akan pentingnya menjaga situs-situs bersejarah di Tanah Air”.

Kota Jambi merupakan kota ke-3 dari beberapa kota yang akan disinggahi para peserta touring dari total 11 kota lebih yang akan dilewati rombongan Jejak Roda Petualang PPMKI. Sungguh menakjubkan pesona pemandangan yang dihadirkan pada tiap daerah yang dilewati, tidak salah apabila touring ini bisa dijadikan ajang promosi pariwisata Nasional.[Byn/Wa]