Toyota Yaris WRC 2017

SolusiMobil.com – Toyota  siap terjun kembali di World Racing Championship (WRC). Pihak Toyota bahkan siap menguji keandalan mobil jagoannya di WRC 2017, Toyota Yaris, pada April mendatang.

 

“Memang, pengetesan rencananya dilakukan Maret. Tapi karena ternyata ada kendala sehingga kami kembali ke rencana semula yakni awal April,” kata tim principal Tommi Makinen, dikutip dari Dapurpacu.

 

Meski begitu, juara WRC empat kali itu menegaskan, pengetesan yang mundur itu tidaklah terlambat. Sebab, lanjutnya, semua yang akan dilakukan masih dalam jalur yang semestinya. “Mesin sudah siap, sekarang kami hanya menunggu beberapa komponen kecil. Sungguh, ini bukan sesuatu yang dramatis,” ujarnya.

 

Pengetesan pertama akan dilakukan di Finlandia. Setelah itu dilakukan di sejumlah tempat lainnya di Eropa.

 

“Awal Mei, kami harus sudah melakukan tes di Eropa bagian selatan atau tengah, barulah kami merasakan hasil tes yang cukup,” tutur Makinen.

 

Kemungkinan besar pengemudi yang akan menggeber Toyota Yaris TMG itu adalah Makinen sendiri.”Saya kira itu hal yang mungkin saja. Saya akan sangat senang mengemudikannya di tes pertama. Tentunya, saya juga membawa serta mekanik, tapi rasanya saya masih bisa mengemudikannya,” imbuhnya.

 

Toyota sebelumnya dikenal aktif di ajang WRC dan sudah enam kali menorehkan prestasi sebagai juara dunia. Namun, pada tahun 1999, pabrikan ini mundur dari ajang reli itu karena ingin memfokuskan diri ke ajang Formula Satu (F1).[Car/Wa]