Pebalap Suzuki Indonesia di SAC 2016

SolusiMobil.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengirimkan sebanyak tiga pebalap profesional untuk bertarung dan meraih prestasi di ajang Suzuki Asia Challenge (SAC) musim 2016, sebanyak 6 seri. Ketiga pebalap itu adalah, Jefri Tosema, Rizal Feriyadi dan M. Sapril. Mereka adalah pebalap yang dihasilkan lewat kompetisi balap garapan SIS bertajuk Suzuki Indonesia Challenge (SIC) sepanjang musim 2015.

 

Saat ini ketiga pebalap tersebut telah berada di Sirkuit Johor, Malaysia, guna mengikuti Free Practice (FP) dan race day seri 1 pada hari Sabtu (2/4), besok. Jika melihat dari hasil FP 1 dan tes pra musim, wajar jika PT. SIS menaruh harapan besar kepada ketiganya. Apalagi, di SAC musim lalu pebalap Indonesia mampu meraih juara yang ditorehkan oleh Andreas Gunawan.

 

Jika melihat data, lewat hasil tes pra musim dan hasil free practice, ketiganya memiliki peluang besar untuk meraih prestasi. Jefri Tosema berhasil mencatatkan waktu terbaik pada FP 1 dengan catatan waktu 2:00.732 detik atau 0.122 detik lebih cepat dari catatan waktu terbaiknya yang diraih saat tes pra musim.

 

Sementara Rizal Feriyadi yang pada hasil tes pra musim menjadi pebalap tercepat dengan catatan waktu 2:00.613 detik, harus puas menempati posisi keempat dengan catatan waktu 2:01.270 detik. Sedangkan M. Sapril, berhasil merevisi catatan waktu tercepat pada tes pra musim yang mencatat 2:01.998 menjadi 2:01.356 detik pada FP 1 dan berhak meraih posisi kelima.

 

“Saat tes pra musim, saya masih mempelajari racing line dan karakter Sirkuit Johor yang baru pertama kali Saya coba. Selain itu saya juga mencari setelan terbaik pada Satria F150 agar cocok di lintasan ini. Selain itu, saya berterima kasih atas support, motivasi serta saran dari seluruh Tim Suzuki Indonesia yang dengan sabar terus mengajar Saya,” ujar Rizal Feriyadi, sebagai pebalap tercepat di tes pra musim.

 

Ajang SAC 2016 adalah balap motor single-brand menggunakan Suzuki F150 dengan spesifikasi khusus balap yang seragam. SAC 2016 diadakan sebagai salah satu kelas balap di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) 2016 yang akan diselenggarakan di 4 negara sebanyak 5 seri.

 

Selain para pebalap ini dilatih menjadi pebalap kompetitif, karena akan bertanding dengan 13 pebalap lainnya yang berasal dari India, Filipina, Vietnam, Sri Lanka, Malaysia, Nepal, Singapura dan Jepang. Mereka juga dilatih bersikap dan berkomunikasi secara profesional sebagai pebalap, pelatihan tersebut guna mempersiapkan mereka untuk menjadi pebalap kelas dunia.[Dp/Wa]