Ban Michelin MotoGP

SolusiMobil.com – MotoGP musim 2016 seri 1 akan berlangsung mulai pekan depan (18-20/3), di Sirkuit Losail, Qatar. Ban Michellin jadi official tyre balap motor paling bergengsi tahun ini.

 

Selama pegelaran MotoGP musim 2016, Seperti diberitakan Dapurpacu, Michellin menyediakan dua jenis ban yaitu slick tyre atau kering tanpa kembangan dan wet tyre yang pakai kembangan digunakan saat permukaan trek basah. Sehingga kedua jenis ban tersebut bisa disesuaikan segala cuaca.

 

Tipe-Ban-Michelin-MotoGP-1

 

Nah, dari kedua tipe tersebut. Michelin memberikan kode sesuai dengan tipenya yaitu slick tyre. Jenis ban ini terbagi dalam tiga tipe yakni hard atau keras yang ditandai garis kuning pada dinding ban. Tipe hard digunakan saat kondisi aspal yang suhunya panas. Sementara slick medium tidak ada tandanya alias polos, dan tipe slick lunak alias soft diberi tanda putih.

 

Sedangkan ban yang dipermukaannya memiliki kembangan, disebut wet tyre, juga terdapat tiga tipe. Tipe basah lembut pada dinding bannya terdapat garis biru, tanda garis abu-abu menandakan ban tersebut tipe wet tyre intermediate, dan wet tyre hard tidak ada tandanya alias polos.

 

Tipe-Ban-Michelin-MotoGP-2

 

Berbeda dengan Bridgestone yang punya tipe ektra soft, yang digunakan pebalap open class. Ban asal Perancis itu tidak memiliki tipe ektra soft.

 

Selama penyelenggaraan MotoGP, ada aturan main yang ditetapkan bagi setiap tim dalam pemakaian kedua jenis ban tersebut. Untuk slick tyre hanya boleh digunakan sebanyak 22 unit ban, dengan rincian ban depan sebanyak 10 unit dan ban belakang 12 unit. Sedangkan wet tyre sebanyak 14 unit, 7 ban depan dan 7 ban belakang.

 

Sementara jenis intermediate diberikan sebanyak 6 unit, 3 ban depan dan 3 ban belakang. Semuanya boleh digunakan sejak warm up sampai finis.[Hml/Wa]