Lorenzo MotoGP Qatar 2016

SolusiMobil.com – Terjadi perebutan gelar juara yang menegangkan di seri pembuka MotoGP Qatar 2016, Minggu malam (20/3). Pertarungan  dibuka antar pebalap Ducati, berlanjut di sisa lap Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) masih kuat dan melintas pertama di garis start.

 

Dikutip dari Dapurpacu, pertarungan antara dua pebalap Ducati Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso di lap ke lima memberikan tontonan luar biasa untuk perbutan posisi terdepan, sayangnya hanya Dovizioso yang selamat dan finish kedua di belakang Lorenzo.

 

Saat balapan, Marc Marquez (Repsol Honda) terlihat sabar memantau di posisi tiga mengejar Lorenzo yang saat itu memimpin balapan. Mengandalkan konfigurasi ban hard-medium untuk depan dan belakang, Marquez mulai menyerang melewati Andrea Dovizioso mengambil posisi kedua.

 

Tapi Yamaha YZR-M1 masih terlalu kuat bagi Honda RC213V mengejar, sebab di sisa tiga lap dari 22 lap, Lorenzo masih bisa membukukan waktu tercepat mengitari Losail hingga 1:54,927 detik bahkan dengan kecepatan tertinggi 340 km/jam.

 

Ketegangan terjadi perebutan posisi kedua, di lap terakhir. Karena tiba-tiba Dovizioso mampu menyerang di lintasan lurus di lap terakhir dan menyalip Marquez.

 

“Memang sangat sulit mengejar Marquez, tapi saya ada tikungan yang bisa dikuasai. Memang saat keluar terganggu dengan kondisi ban tapi akhirnya bisa menyalipnya. Di tikungan terakhir saya tahu dia akan menyalip balik tapi ternyata Marquez melebar dan saya bisa meninggalkannya di lintasan lurus,” ujar Dovizioso.

 

Dovizioso mengakui bahwa perubahan peraturan memang cukup banyak merubah dan melakukan settingan. Beruntung dalam pengetesan selalu positif. “Kita sudah di jalan yang tepat dan sangat kompetitif secara keseluruhan dan sangat senang dengan hasil ini.”

 

Adapun Lorenzo menanggapi kemenangannya dengan cukup senang. Sebab musim lalu di Losail dirinya hanya bisa finish di posisi 4.

 

“Memilih ban belakang yang tepat memang sangat penting. Sempat memilih kompon keras tapi tidak bisa mendapatkan pengendalian sesuai keinginan. Memang cukup beresiko memilih kompon lebih lunak, karena rival seperti Marquez memilih kompon medium, sehingga saya menuruti tim yang mengatakan pilihan ban ini tidak terlalu buruk. Nyatanya di lap terakhir bisa catatkan waktu terbaik 1:54,9 itu cukup impresif.”

 

“Senang dengan kemenangan ini dan sangat penting memulai musim berada di podium dan tentunya kemenangan adalah yang terbaik. Sepertinya kita nikmati kemenangan ini dengan berpesta,” senang Lorenzo yang memakai ban kompon keras di depan dan lembut di belakang.  [Kch/Wa]

 

HASIL BALAP MOTOGP QATAR 2016

1    Jorge LORENZO    Movistar Yamaha MotoGP    42’28.452 detik

2    Andrea DOVIZIOSO    Ducati Team        +2.019 detik

3    Marc MARQUEZ    Repsol Honda Team        +2.287 detik

4    Valentino ROSSI    Movistar Yamaha MotoGP    +2.387 detik

5    Dani PEDROSA    Repsol Honda Team    +14.083 detik

6    Maverick VIÑALES    Team SUZUKI ECSTAR    +15.423 detik

7    Pol ESPARGARO    Monster Yamaha Tech 3    +18.629 detik

8    Bradley SMITH    Monster Yamaha Tech 3    +18.652 detik

9    Hector BARBERA    Avintia Racing        +21.160 detik

10    Scott REDDING    OCTO Pramac Yakhnich    +24.435 detik