Marc Marquez podium di Argentina

SolusiMobil.com - MotoGP Argentina 2016 dimenangkan oleh Marc Marquez (Repsol Honda) yang terlihat tak ingin kehilangan kesempatan memijak podium tertinggi. Posisi kedua ditempati Valentino Rossi dan ketiga Dani Pedrosa.

 

Pertarungan terseru jelang akhir balapan adalah perebutan posisi kedua antara Valentino Rossi, Maverick Vinales dan Andrea Iannone. Sayangnya Vinales terlalu bersemangat dan kehilangan podium di sisa tiga lap lagi dari 20 lap, terjatuh di tikungan 1.

 

Rossi berlanjut mendapat tekanan dari dua pebalap Ducati, Iannone dan Andrea Dovizioso. Sayangnya Dua Ducati terjatuh kehilangan cengkeraman dan melenggangkan Rossi menyentuh finis kedua.

 

Terjatuhnya Ducati akibat Iannone terlalu memaksa masuk dari sisi dalam Dovizioso, sehingga menyeret keduanya ke pinggir lintasan yang padahal tinggal beberapa tikungan lagi. Sementara ini tragedi tersebut tengah diinvestigasi.

 

Adapun saat mulai berlangsungnya balapan, pebalap Yamaha yang dijagokan akan bertengger menguasai podium yakni Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) terjatuh di tikungan pertama baru memulai lima lap dari total 20 lap ketika tengah mengejar posisi terdepan yang dikuasai oleh Marc Marquez.

 

Kebaruan akan ban Michelin yang disuguhkan mendadak untuk balapan di hari Minggu sepertinya membuat Lorenzo kesulitan mengusai Yamaha YZR-M1. Sehingga dirinya harus kehilangan nilai di seri kedua MotoGP 2016.

 

Di lap 9 para pebalap bertukar motor akibat cuaca yang kemungkinan hujan di tengah balapan. Valentino Rossi yang bertarung ketat dengan  Marc Marquez untuk meraih posisi terdepan juga ikut berganti motor masuk ke pit di lap 10.

 

Pasca mengganti ban, Rossi sepertinya kehilangan kemampuan motor kedua Yamaha M1 sehingga tertinggal sekitar 3,5 detik dari Marquez saat memasuki lap 12. [Dp/Wa]

 

HASIL BALAP MOTOGP ARGENTINA 2016

1. Marc Marquez Repsol Honda 34:13,628 detik

2. Valentino Rossi Movistar Yamaha +7.679 detik

3. Dani Pedrosa Repsol Honda +28,100 detik

4. Eugene Laverty Aspar Team MotoGP +36,542 detik

5. Hector Barbera Avintia Racing +36,711 detik

6. Pol Espargaro Monster Yamaha Tech 3  +37,245 detik

7. Stefan Bradl Aprilia Racing Team Gresini +41,353 detik

8. Bradley Smith Monster Yamaha Tech 3 +50,709 detik

9. Tito Rabat Estrella Galicia 0,0 Marc VDS  +50,983 detik

10. Alvaro Bautista  Aprilia Racing Team Gresini +1:01,388 detik