Carmelo Ezpeleta

SolusiMobil.com – Berita kali ini yang datang dari balap MotoGP terdengar kurang sedap. Kabar tersebut adalah dua eksekutif Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta dan Enrique Aldama diduga telah melakukan penggelapan dan penipuan pajak sebesar 70 juta Euro.

 

Kasus penggelapan tersebut berkaitan dengan simulasi penjualan saham perusahaan (Dorna Sport) kepada orang-orang yang sama, sebagai upaya untuk mengurangi kalkulasi beban pajak.

 

Manos Lampias (semacam lembaga anti korupsi) mencium hal tersebut dan menyerukan penahanan segera bos Dorna itu. Lansir media Italia, La Repubblica, ditakutkan mereka kabur ke luar negeri.

 

“Bukti-bukti sudah kuat, kami menyerukan untuk ditahan sementara agar mereka tidak kabur ke luar negeri,” dalam keterangan Manos Lampias.

 

Sejumlah kritikan datang dari perusahaan yang bekerjasama dengan Dorna Sport dalam penyelenggaraan MotoGP. Misalnya SEL, salah satu perusahaan penyedia logistik yang sudah bersama Dorna selama 18 tahun.

 

Hingga kini, belum ada konfirmasi resmi dari eksekutif Dorna Sport. Padahal, seri MotoGP Argentina sebentar lagi bergulir, yakni Minggu (3/4).[Dp/Wa]