Ban Michelin

SolusiMobil.com - Produsen ban Michelin akan menawarkan ban asimetris di helatan GP Jerman seri ke-9, akhir pekan nanti (16-17/7). Sirkuit Sachsenring, Jerman, dengan layout trek berkelok-kelok menjadi alasan Michelin.


Bisa jadi sirkuit yang menyuguhkan belok ke kiri lebih dominan daripada ke kanan, menjadi pertimbangan Michelin mengandalkan kompon terkeras di sisi kiri. Namun, Michelin tetap menawarkan pilihan versi lunak dan keras untuk untuk sisi kiri, dan kompon medium untuk ban depan jenis slick.

Seperti dilansir Dapurpacu, ban versi lunak dan keras pada kompon medium tadi sebagai pilihan yang ditawarkan Michelin, guna menyeimbangkan ketika bermanuver ke kanan. Sedangkan menyelaraskan antara ban depan dan belakang, Michelin juga menyediakan ban jenis slick di bagian kiri yang berdesain asimetris juga. Sehingga tujuannya dapat mengatasi ketika pebalap melahap tikungan ke kiri dengan cepat.

“Sachcenring akan menjadi sirkuit yang pertama menampilkan ban asimetris, di mana kiri lebih sulit untuk mengatasi suhu tinggi dan juga menampilkan sisi kanan lembut tapi bisa cepat panas sebelum manuver ke kanan,” ucap Piero Taramasso, Manajer Motorsport Roda Dua Michelin.

Piero menambahkan, desain asimetris di Sachsenring ini juga berkaitan dengan adanya tuntutan dan tata letak dari sirkuit yang memiliki belok kiri dominan. “Dengan begitu tentu cepat menghasilkan panas, sehingga kami membuat senyawa baru yang dirancang khusus,” tambahnya.

Ban asimetris bisa saja tidak dipakai di Jerman, jika kondisi cuaca tidak bersahabat seperti di Assen seri lalu. Tapi jika kondisi cuacanya bersahabat, maka tim dan pebalap sudah harus mempersiapkan setelan agar ban asimetris bisa selaras dengan motor dan pebalap.