Motogp Austin 2016

SolusiMobil.com - Sebelum race MotoGP Jerez 2016, Komisi Grand Prix FIM melakukan pertemuan untuk membahas beberapa peraturan dan regulasi teknis di MotoGP 2016.

Dikutip dari Dapurpacu, dari hasil pertemuan tersebut, komisi balap menghasilkan kesepakatan tentang peraturan, yakni tentang Jump Start, Quick Start, homologasi sasis di Moto3 dan Sensor tekanan ban.

Jump Start
setiap rider yang melakukan jump start race direction berhak memberikan hukuman. Pebalap akan dikenakan hukuman waktu rider harus masuk pit line saat race berlangsung. Jika rider tidak melihat pemberitahuan dirinya melakukan jump start, maka setelah race selesai, rider yang melakukan jump start akan diberikan time penalty yakni waktu race total akan ditambah dengan sejumlah waktu yang sudah ditetapkan atau ditambah dengan waktu saat dia melakukan jump start.

Quick Restart
sebelumnya Quick restart Full Race dilakukan di awal lap, namun tim merasa kesulitan. Pada peraturan baru, Quick restart Full Race di lakukan setelah pebalap melakukan balapan sebanyak 3 lap atau kurang dari 3 tiga lap, Sehingga memungkinkan pengisian bahan bakar lebih safety.

Homologasi Sasis di Moto3
Untuk Moto3, apabila ada update chassis baru, maka penyedia chassis dengan segera harus menyediakan part tersebut untuk semua merek.

Tyre Pressure Sensors MotoGP
Untuk kelas MotoGP, semua tim diwajibkan menggunakan sensor pengukur tekanan ban di kedua ban yang digunakan para pebalap MotoGP. Peraturan tersebut akan berlaku saat MotoGP seri Mugello (20/5).[Ric/Wa]