Sebastian Vettel Ferrari F1 2016

SolusiMobil.com - Sebastian Vettel menyatakan bahwa dirinya tidak menyukai mesin turbo yang dipakai di Formula 1 saat ini dan ingin mesin naturally aspirated kembali dipakai.


Mesin turbo pada mobil F1 saat ini dianggap Vettel menuntut biaya operasi yang terlalu mahal.

“Secara pribadi saya rasa power unit saat ini terlalu mahal dan akan menguntungkan bagi semua tim dan keseluruhan olahraga ini kembali ke sesuatu yang normally aspirated,” kata Vettel kepada Sky.

“Apa yang saya bilang, dan saya akan tetap berpegang pada itu adalah bahwa power unit ini terlalu mahal. Mereka sudah memakan banyak biaya dan akan tetap berbiaya tinggi.”

Sejak 2014, F1 meninggalkan mesin V8 2.4 liter untuk V6 1.6 liter turbo hybrid yang diharapkan dapat menarik lebih banyak pabrikan untuk bergabung. Sejauh ini, baru Honda yang berhasil tertarik dan kembali ke puncak ajang balap mobil itu.

Juara dunia F1 empat kali itu menganggap F1 tidak di jalan yang seharusnya dengan mesin saat ini. Banyak penggemar dan orang di kalangan paddock yang setuju dengan pemikiran Vettel.

“Mesin (V6) ini bagus, saya diberitahu, untuk pabrikan mobil – walaupun tak seorang pun yang bisa menggunakannya. Tapi kalau memang begitu dan mereka ingin memakainya untuk eksperimen mereka lebih baik memakainya di World Touring Car Championship,” tambah Vettel. [Dp/Wa]