Nico Rosberg

SolusiMobil.com – Nico Rosberg berhasil menjadi yang terdepan di F1 Australia 2016, Minggu (20/3). Dia merebut kemenangan itu setelah memanfaatkan kesalahan  dua  pesaing beratnya Lewis Hamilton dan Sebastian Vettel.

 

Pada balapan sepanjang 57 lap di sirkuit Albert Park, Melbourne ini, Rosberg mencatatkan waktu  8,606 detik lebih cepat ketimbang Hamilton yang merupakan teman satu timnya di Mercedes. Sedangkan Vettel yang melakukan kesalahan di dua lap terakhir saat menekan Hamilton, harus puas finish ketiga.

 

Padahal, sebelumnya, Vettel sempat memimpin di lebih dari separuh balapan. Saat start, Vettel  telah berada di posisi ketiga  karena sukses merebut pimpinan di tikungan pertama, diikuti Kimi Raikkonen di posisi kedua.

 

Hamilton yang sedikit bersentuhan dengan Rosberg di tikungan 1 langsung terlempar ke posisi 6. Sementara Rosberg di posisi ketiga.

 

Secara perlahan namun pasti, pebalap berusia 30 tahun ini menghantui duo Ferrari dan berhasil menyalip Raikkonen setelah pitstop pertama di lap 14. Satu lap berselang, Rosberg juga nyaris menyalip Vettel yang baru keluar dari pitlane di tikungan  1.

 

Hamilton yang sedikit bersentuhan dengan Rosberg di tikungan 1 langsung terlempar ke posisi 6, sementara Rosberg di posisi ketiga.

 

Rosberg secara perlahan dan pasti menghantui duo Ferrari dan berhasil menyalip Raikkonen setelah pitstop pertama di lap 14. Satu lap berselang, Rosberg juga nyaris menyalip Vettel yang baru keluar dari pitlane di tikungan 1.

 

Vettel mendapat tekanan dari Rosberg menuju pitstop kedua. Kesalahan kru Ferrari dan kecepatan Mercedes membuat Vettel harus rela kehilangan posisi terdepan setelah pitstop keduanya.

 

Dengan set ban lebih segar, Vettel yang di posisi ketiga dengan pasti merapatkan jarak dengan Hamilton di lap 46. Kesalahan kecil Hamilton di lap 51 pun membantu Vettel semakin dekat hingga kurang dari 1 detik.

 

Hanya sayang, Vettel melakukan kesalahan di tikungan 16 saat dua lap menjelang finish. Momen ini membuat Hamilton lepas dari dari tekanan. Sedangkan Rosberg dengan nyaman melesat hingga tak terkejar sejak pitstop terakhir Vettel.

 

Memang, pada lomba ini diwarnai situasi dramatis. Saat di lap 17 tabrakan hebat terjadi yang melibatkan  Fernando Alonso dan Esteban Gutierrez di tikugan 3. Akibatnya, mobil McLaren Alonso terbalik dan hancur namun pebalap itu tak mengalami cidera. Bendera merah pun dikibarkan dan balapan dihetikan sementara di lap 19.

 

Pada saat  yang sama, pebalap asal Indonesia, Rio Haryanto harus mundur dari balapan karena Manor melaporkan adanya masalah driveline pada mobil MRT05. Tiga lap kemudian, giliran Raikkonen yang tersingkir karena mobil SF16-H miliknya terlihat mengeluarkan api di bagian mesin.

 

Kejutan datang dari tim debutan Haas F1 yang berhasil meraih poin melalui finish keenam oleh Romain Grosjean. Posisi ini berbuah delapan poin.

 

Balapan sendiri diawali dengan mobil Daniil Kvyat yang mogok di grid setelah lap formasi, yang memaksa steward mengulang lap formasi dan Kvyat langsung mundur dari balapan. Saat start, Vettel dari posisi ketiga sukses merebut pimpinan di tikungan pertama, diikuti Kimi Raikkonen di posisi kedua.[Whr/Wa]

 

Hasil Balap F1 Australia 2016:

 

Pos    Driver            Car        Time/Gap

1    Nico Rosberg        Mercedes    1:48:15.565

2    Lewis Hamilton        Mercedes    +8.606

3    Sebastian Vettel    Ferrari        +9.643

4    Daniel Ricciardo    Red Bull    +34.330

5    Felipe Massa        Williams    +58.979

6    Romain Grosjean        Haas        +1:12.081

7    Nico Hulkenberg        Force India    +1:14.199

8    Valtteri Bottas        Williams    +1:15.153

9    Carlos Sainz        Toro Rosso    +1:15.680

10    Max Verstappen        Toro Rosso    +1:16.833

11    Jolyon Palmer        Renault        +1:23.399

12    Kevin Magnussen        Renault        +1:25.606

13    Sergio Perez        Force India    +1:31.699

14    Jenson Button        McLaren        +1 Lap

15    Felipe Nasr        Sauber        +1 Lap

16    Pascal Wehrlein        Manor        +1 Lap

–    Marcus Ericsson        Sauber        Retirement

–    Kimi Raikkonen        Ferrari        Retirement

–    Rio Haryanto        Manor        Retirement

–    Fernando Alonso        McLaren        Collision

–    Esteban Gutierrez    Haas        Collision

–    Daniil Kvyat        Red Bull    Not started