Rio-Haryanto-Manor-F1-Australia-2016

SolusiMobil.com – Penampilan Rio Haryanto di F1 Australia 2016 diwarnai dengan turunnya hujan di sesi Free Practice 1 (FP1) dan 2 (FP2), Jumat (18/3). Tentunya kondisi tersebut menyulitkan Rio untuk tampil maksimal.

 

Di masing-masing sesi, Rio menempati posisi ke-19 dan ke-14 di atas lintasan basah. Pebalap Manor tersebut mengaku memanfaatkan kondisi tersebut untuk menambah pengalaman mengemudi mobil F1 di kondisi basah.

 

“Cuaca hari ini sesuatu yang berbeda, tentunya. Saya belum pernah memacu mobil F1 dalam kondisi basah jadi walaupun hari seperti ini bisa membuat frustrasi, sangat positif untuk mendapat pengalaman ini sedini ini,” ujar Rio.

 

Seperti diberitakan Dapurpacu, hujan yang mengguyur Sirkuit Albert Park di pagi hari membuat sesi diawali dengan lintasan basah dan memaksa seluruh pebalap lebih berhati-hati. Hujan pun beberapa kali turun di kedua sesi, di mana Rio sempat tergelincir keluar trek di FP1.

 

Di FP1, waktu terbaik Rio terpaut 13,647 detik dari Lewis Hamilton yang tampil tercepat, karena tidak mampu mencatat waktu saat trek mengering. Sementara di FP2, waktu Rio terpaut 5,463 detik, kali ini dengan sama-sama diraih dalam kondisi lintasan basah dan empat pebalap tidak mencatat waktu sekalipun.

 

Menghadapi sesi lanjutan pada Sabtu (19/3), Rio berharap kondisi lintasan kering, meski masih ada kemungkinan kondisi lebih buruk datang.

 

“Tentunya akan bagus untuk mendapat kondisi kering hari ini untuk membantu bersiap untuk sisa akhir pekan. Beberapa hari ke depan tidak terprediksi tapi semoga cuaca terburuk sudah pergi dan kami maksimalkan program lagi besok,” lanjut Rio.[Whr/Wa]