Pelindung kokpit F1 Red Bull

SolusiMobil.com - Red Bull Racing untuk pertama kalinya secara terbuka akan menguji konsep pelindung kokpit mobil F1 pada seri F1 Rusia 2016, pekan depan. Tes ini menguji kelayakan sistem tersebut sebelum diterapkan pada F1 musim depan.

Rencananya, pengujian akan dilakukan Red Bull pada lap instalasi di sesi Free Practice 1, untuk mendapatkan masukan dari para pebalap setelah mengujinya di mobil RB12.

Berbeda dengan konsep Halo yang dikembangkan Mercedes dan diuji Ferrari di tes pra musim, dikutip dari Dapurpacu, konsep milik Red Bull berupa kanopi yang memiliki kaca pelindung seperti pesawat tempur. Daniel Ricciardo dan Daniil Kvyat pun mendukung konsep ini setelah menguji di simulator.

Sementara Red Bull baru akan menguji, race director FIA Charlie Whiting justru menyatakan konsep kanopi Red Bull sudah siap dipakai untuk balapan di 2017. Apabila tes di Rusia berjalan dengan baik, FIA akan mengagendakan diskusi di rapat Strategy Group dan F1 Commission, 26 April 2016.

“Ini sesuatu yang saya tidak perkirakan akan terjadi. Tapi itu terjadi, kami harus menanggapinya serius,” kata Whiting.

“Kalau itu bekerja sebaik Halo di pengujian maka tidak ada alasan kami tidak bisa membawanya sebagai solusi potensial untuk Strategy Group dan F1 Commission.” [Whr/Wa]