Bernie Ecclestone

SolusiMobil.com - Para petinggi Formula 1 (F1) gagal dalam membuat kesepakatan untuk menetapkan format kualifikasi  sebagai solusi atas kontroversi yang terjadi terhadap format yang ada saat ini. Mereka bertemu di paddock Sirkuit Sakhir, Bahrain, Minggu (3/4) waktu setempat.

 

Laman Autsport dan Motosport melaporkan, tim prinsipal, bos F1 Bernie Ecclestone, presiden FIA Jean Todt, dan direktur Pirelli motorsport Paul Hembery, hadir di pertemuan itu. Namun setelah berdiskusi selama 90 menit, mereka tak menghasilkan kesepakatan apapun.

 

Kendati begitu, para petinggi di penyelenggaraan balapan  bergengsi di dunia itu akan kembali bertemu pada Kamis (7/4) mendatang. Ecclestone tak mau berkomentar saat awak media mencecarnya dengan sederet pertanyaan ihwal hasil pertemuan itu.

 

Satu-satunya komentar yang berhasil dikorek para jurnalis berasal dari bos Mercedes, Toto Wolff. Dia mengatakan tak ada kesepakatan apapun yang dibuat dalam pertemuan tersebut.

 

“Kami belum mencapai kesimpulan soal apa yang akan kami lakukan  di masa mendatang. Namun, kami bersepakat  membahas masalah itu secara internal, dan akan bertemu lagi pada pekan depan,”  tutur Wolff.

 

Sebelumnya, mayoritas tim balap yang berlaga di F1 menyatakan keberatan dengan format kualifikasi yang saat ini digunakan. Merek meminta agar penyelenggara kembali ke format yang digunakan pada musim lalu.

 

Namun berbeda dengan mereka, Jean Todt dan Eccleston cenderung mencari solusi dengan format yang berbeda.  Format anyar itu akan diterapkan di GP Shanghai, China, pada 17 April.

 

Hanya, Wolff tak bersedia menyebutkan opsi apa saja yang sudah dibahas di pertemuan itu. Menurutnya, pertemuan hanya membahas soal format kualifikasi dan keinginan FIA maupun pemegang hak komersial. [Dp/Wa]