Pelindung Kokpit F1

SolusiMobil.com – Adanya wacana mengenai pelindung kokpit tambahan pada Formula 1, ternyata mendapat berbagai tanggapan dari para pebalap. Terlebih setelah diuji oleh Ferrari di dua hari terakhir tes pra musim.

 

Sistem dengan nama konsep ‘Halo’ yang desain awalnya dikembangkan oleh Mercedes tersebut lebih banyak ditentang, daripada didukung oleh para pebalap. Dikutip dari Dapurpacu, Lewis Hamilton menjadi sosok yang paling vokal menolak diterapkannya alat itu, yang rencananya dipakai mulai 2017.

 

“Jika itu akan terjadi saya harap kami punya pilihan untuk memakainya atau tidak karena saya tidak akan memasangnya di mobil saya,” kata Hamilton di Catalunya. “Saya harap itu bukan yang akan mereka pakai.”

 

“Pada akhrinya itu adalah perlindungan pebalap jadi kami harusnya punya pilihan secara individu. Saya suka yang sekarang dan ketika saya masuk ke mobil saya tahu ada risiko tertentu.”

 

Di sisi lain, Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel yang sudah mencobanya merasa tidak ada yang perlu dipermasalahkan dengan sistem tersebut. Meski terdapat kekurangan, baik Raikkonen dan Vettel sepakat bahwa perangkat itu akan membantu mengurangi efek kecelakaan yang berisiko kontak langsung dengan kepala.

 

“Pada prinsipnya saya setuju itu tidak terlihat bagus, tapi di saat yang sama membantu meningkatkan keselamatan, itu membantu menyelamatkan nyawa,” ujar Vettel. “Akan ada setidaknya dua pebalap yang masih ada di sekitar kita kalau kita punya sistem seperti ini.”

 

Setelah kecelakaan parah yang dialami Felipe Massa dan John Surtees (F2) di 2009 lalu, usulan memakai pelindung tambahan di kokpit pebalap mulai bermunculan. Terlebih setelah pada 2015, Jules Bianchi dan Justin Wilson meninggal setelah kepalanya terbentur objek lain dalam kecelakaan.