Niki Lauda

SolusiMobil.com – Format baru untuk sesi kualifikasi Formula 1 kembali menuai kritikan, kali ini dari Niki Lauda, menyusul komentar dari banyak pebalap sebelumnya. Banyak kalangan berpendapat bahwa format lama sudah sangat bagus dan tidak perlu diubah lagi.

 

“Format baru terlihat bodoh,” ujar Lauda dikutip La Gazetta dello Sport. “Saya bagian dari Strategy Group dan (Bernie) Ecclestone mendatangi saya dengan ide bahwa itu perlu untuk mengubah sesuatu di perebutan pole position agar lebih kompetitif.”

 

Meski mengkritik, Lauda sebagai chairman non-exceutive di tim Mercedes mengaku jika ide ini lebih baik daripada ide membalik grid yang diajukan oleh Ecclestone. Format membalik grid saat ini diterapkan pada GP2 untuk Sprint Race.

 

“Proposal awalnya adalah untuk membalik grid, dengan waktu tercepat di posisi ke-10 dan sebagainya,” lanjut mantan juara dunia F1 tiga kali tersebut.

 

“Bagi kami di Mercedes itu bukan ide yang menarik. Jadi lebih baik untuk menerima proposal lain, meskipun saya tidak tahu apakah semuanya akan siap di Melbourne untuk menyampaikannya.” [Whr/Wa]