Nico Rosberg

SolusiMobil.com - Mengulang kesuksesannya di Philip Island, Australia, pebalap tim Mercedes, Nico Rosberg berhasil menyentuh garis finish di urutan pertama di GP F1 Bahrain.

 

Tak hanya itu. Catatan waktu yang ditorehkannya di sirkuit Shakir, Bahrain, Minggu (3/4) malam ini juga lebih baik dibanding catatan waktunya di GP Australia yakni 1 jam 33 menit 34,696 detik. Berada di urutan kedua, pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen.

 

Sementara rekan satu tim Rosberg, Lewis Hamilton berada di urutan ketiga. Selisih catatan waktu Raikkonen dengannya, 10,282 detik. Adapun Hamilton mencatatkan waktu terbaik 30,148 detik lebih lambat darinya.

 

Sepanjang perlombaan, Rosberg memang tampil dominan. Dia terus memimpin balapan di posisi terdepan. Meski, dalam seri balapan  di Bahrain ini  diwarnai insiden yang menimpa pebalap Ferrari, Sebastian Vettel dan pebalap Renault Jolyon Palmer.

 

Mobil keduanya mengalami masalah mengeluarkan asap saat sesi pemanasan. Walhasil, mereka tak ikut balapan. Insiden juga dialami Lewis Hamilton saat melewati tikungan pertama beberapa saat setelah start. Mobilnya bersenggolan dengan mobil pebalap tim Williams, Valtteri Bottas.

 

Seperti dilaporkan Crash, akibat insiden itu posisi Hamilton melorot ke urutan kesembilan. Namun itu tak lama berselang, dia berhasil bergeser ke urutan kedelapan. Bahkan, menjelang lap ke-10 dia sudah bertengger di urutan ketiga.

 

Dia pun berusaha terus memperpendek jarak dengan Raikkonen yang berada di urutan kedua. Namun, masih cukup jauh dengan posisi Rosberg yang melesat  lebih cepat. Laman Autosport menyebut selisih kecepatan Rosberg dengan Hamilton dan Raikkonen mencapai 0,6 – 0,8 detik per lapnya.

 

Sementara itu, pebalap asal Indonesia, Rio Haryanto mampu menapak garis finish di urutan ke-17. Rio yang semestinya start di posisi ke-21, naik ke posisi ke-20.

 

Soalnya, pebalap yang  start di posisi ke-19 yakni Kevin Magnussen mendapatkan hukuman harus start dari pitlane. Pebalap asal Denmark tersebut saat latihan bebas, Jumat (1/4) kemarin, tak naik ke jembatan timbang sehingga penyelenggara balapan memberinya sanksi.

 

Begitu start, Rio terus berupaya keras memacu mobilnya sehingga sempat berada di urutan ke-14. Namun, menjelang akhir lap, dia berada di posisi ke-17 hingga finish. [Dp/Wa]