Pelindung kokpit F1

SolusiMobil.com - Setelah diuji kembali oleh Red Bull Racing dengan versi Aeroscreen akhir pekan lalu, pelindung kokpit F1 tidak sedikit mendapat pujian di kalangan paddock. Namun, ada juga yang mengkritik pemakaian pelindung kokpit.


Dikutip dari Dapurpacu, Bernie Ecclestone sebagai bos F1 memiliki dua pemikiran soal sistem tersebut. Pada satu sisi Ecclestone merasa akan meningkatkan aksi di lintasan, sementara soal keselamatan masih dipertanyakan olehnya.

“Kita akan mendapat banyak pitstop sekarang saat mereka harus berhenti untuk membersihkan kaca dan sebagainya. Itu akan bagus,” kata Ecclestone dikutip Motorsport.

Terkait soal keselamatan, Ecclestone masih mempertanyakan karena sejauh ini pelindung kokpit baru diuji dengan satu cara.

“Saya baru berpikir untuk mencoba simulasikan sesuatu saat Anda mendapati objek diam, dan Anda melontarkan roda kepadanya (pelindung kokpit), saat di balapan ketika roda lepas normalnya kedua mobil akan dalam kondisi bergerak,” kata Ecclestone yang tidak menyukai wujud pelindung kokpit.

“Jadi bagaimana Anda bisa menyimulasikan itu dengan mobil yang diam? Dan bagaimana Anda bisa tahu apa yang akan terjadi dengan rodanya?

“Jika itu mengenainya akan mungkin terpental juga.  Jadi saya tidak tahu.” [Whr/Wa]