SolusiMobil.com - Banyak orang yang bilang bahwa beli mobil kredit adalah sebuah hal yang sangat merugikan. Selain harga yang pada akhirnya lebih mahal dari pada membeli dengan tunai, harga jual mobil pun ternyata semakin tahun akan semakin turun. Dengan kata lain, apabila sewaktu-waktu Anda akan menjual mobil pribadi tersebut, Anda akan mengalami kerugian dimana harga jualnya akan jauh lebih murah dari harga total Anda membeli mobil dengan menggunakan sistem kredit.

 

 

Namun, sistem kredit ini dibuat pada awalnya untuk para konsumen dengan level penghasilan menengah ke bawah. Demi kesamarataan antara konsumen dengan penghasilan rendah dan penghasilan tinggi, oleh karena itu mulai lah dibuat sebuah sistem dimana semua orang memiliki hak yang sama yaitu memiliki mobil demi kebutuhan mereka masing-masing. Selain itu, penjualan mobil dengan menggunakan sistem kredit tersebut semakin banyak digunakan karena kebutuhan akan mobil pun setiap tahunnya meningkat dengan sangat pesatnya. Ini juga termasuk banyaknya jenis merek seperti HondaToyota, dll. Dengan beralaskan tersebut, produsen mobil, pihak leasing dan juga pihak Bank kini semakin membuka kesempatan lebar-lebar bagi para konsumen yang ingin memiliki mobil dengan menggunakan sistem kredit.

 

Kembali ke masalah kerugian, apakah benar Anda akan mendapatkan kerugian dengan menggunakan sistem kredit? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, cermati.com akan membagikan sedikit informasi tentang pembelian mobil secara kredit, beserta kelebihan dan juga kekurangannya yang dijelaskan secara mendetail.

 

Simulasi Membeli Mobil dengan Kredit

 

Apabila dilihat dengan kasat mata, pembelian dengan menggunakan sistem kredit memang lah merugikan. Sebagai contoh studi kasus saja, anggap lah pembelian sebuah mobil itu adalah Rp.100.000.000 atau 100%. Pembayaran tersebut akan dibayar dengan pembayaran cicilan selama 35 bulan dimana setiap bulannya akan dikenakan sebuah bunga yaitu 1% atau Rp.1.000.000. Penghitungan akhirnya maka Anda akan membayar sekitar Rp.135.000.000 pada akhir pelunasan semua cicilan.

 

Dengan kata lain Anda membayar lebih Rp.35.000.000 dari harga sebenarnya. Dengan kelebihan pembayaran yang terhitung sampai puluhan juta, tentu saja itu bukanlah hal yang kecil. Dengan melihat secara kasat mata, tentu saja pembelian tersebut adalah pembelian yang sangat merugikan. Ditambah lagi 35 bulan bukanlah waktu yang sebentar. Dimana Anda sudah melunasi mobil tersebut, dan sewaktu-waktu ingin menjualnya, harga pada mobil tersebut akan mengalami penurunan yang sangatlah drastis. Tentu saja hal ini akan semakin membuat Anda merasa rugi.

 

Namun, mengapa pembelian dengan kredit itu masih ada sampai sekarang? Tentu saja sesuatu sistem akan terus ada karena banyak peminatnya dan juga banyak pihak yang setuju dengan sistem tersebut. Dengan kata lain, pembelian dengan sistem kredit tersebut masih lah banyak peminatnya sampai saat ini.

 

Kesimpulan

 

Kesimpulannya, walaupun terlihat sangatlah merugikan, tetapi pembelian dengan sistem kredit ini sangatlah menguntungkan. Dengan menggunakan sistem DP, Anda sudah bisa mempunyai sebuah mobil dengan membayar hampir 25% saja dari harga sesungguhnya. Dengan studi kasus di atas dimana harga mobil adalah Rp.100.000.000, lalu Anda bisa memiliki mobil dengan harga sebesar itu dengan membayar Rp.25.000 saja. Hal ini adalah sebuah keuntungan karena Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan dengan mempunyai mobil yang Anda inginkan. Terlebih lagi bagi Anda yang menginginkan mobil untuk aktivitas sehari-hari seperti bekerja ataupun sekolah, Anda sudah bisa memiliki mobil tersebut dengan harga awal yang sangat murah.

 

Keuntungan lainnya, apabila Anda menginginkan mobil demi kemajuan sebuah usaha. Anggaplah Anda ingin membuka sebuah rental mobil. Dengan hanya membayar 25% saja dari harga sesungguhnya, Anda sudah bisa memulai usaha Anda dan mendapatkan keuntungan dari usaha tersebut. Bayangkan apabila Anda harus menunggu sampai memiliki uang demi membeli mobil secara cash, tentu hal ini akan memakan waktu yang sangat lama. Terlebih lagi, manusia tidak begitu terbiasa dengan menyimpan-nyimpan uang tabungan mereka. Dengan adanya uang nganggur dalam tabungan mereka, mau tidak mau uang itu akan terpakai apabila ada kebutuhan yang sangat mepet.

 

Dengan kata lain, apabila dilihat dengan cara mendetail, membeli mobil dengan menggunakan sistem kredit tidak akan serugi seperti yang Anda bayangkan, bahkan disana terdapat banyak sekali keuntungan yang bisa Anda miliki. [ads]